Laporan Pengabdian Masyarakat "Sosialisasi Dan Edukasi Tentang Keterbukaan Informasi Publik Serta Pembentukkan Kelompok Masyarakat Peduli Informasi (KMPI) Di Kelurahan Menteng Kota Palangkaraya Tahun 2021"

Rosmilawati, Srie and Rahman, Sirajul and Handayani, Indah Tri and Milka, Milka and Ananda, Annisa Rizki (2021) Laporan Pengabdian Masyarakat "Sosialisasi Dan Edukasi Tentang Keterbukaan Informasi Publik Serta Pembentukkan Kelompok Masyarakat Peduli Informasi (KMPI) Di Kelurahan Menteng Kota Palangkaraya Tahun 2021". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS PENGMAS 2021 Srie Rosmilawati dkk.pdf

Download (641kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENGMAS 2021 Srie Rosmilawati dkk.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap individu mempunyai hak untuk melihat dan mengetahui informasi publik, menghadiri pertemuan publik yang terbuka untuk umum, menyebarluaskan informasi publik sesuai dengan peraturan yang ada. Setiap warga negara juga berhak mengetahui alasan kebijakan publik oleh suatu badan publik. Yang mana sebelum terjadinya Reformasi hal substansi tersebut hampir tidak ada dan tidak berlaku di negara kita. Di sisi lain pada Badan Publik juga terjadi paradigma baru paska lahirnya UU KIP, sebelum reformasi segala informasi dan setiap kebijakan di Badan publik tertutup, sulit untuk mengetahui kinerja para petinggi di suatu Badan Publik, segala tata Kelola suatu Badan Publik tertutup dan bukan untuk diinformasikan kepada masyarakat, apalagi hal hal yang sangat sensitif, seperti misalnya hal anggaran, pengadaan barang dan jasa, dan yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya edukasi dari Komisi Informasi dalam hal memberikan keterbukaan informasi melalui kegiatan sosialisasi. Di dalam Edukasi tersebut memuat betapa pentingnya keterbukaan informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu akan haknya dalam mencari, menyimpan, mengolah suatu informasi bagi dirinya dan lingkungan sosialnya serta perannya dalam mengawasi setiap informasi yang ada di badan publik di Kalimantan Tengah, selain itu masyarakat juga tidak akan mudah terpancing isu atau informasi yang simpang siur ataupun Hoaks seandainya mereka mudah mendapatkan informasi yang memadai.

Item Type: Other
Subjects: 000 Computer science, Information & General Works > 000 - 009 General and Computer Science > 003 Systems > 003.5 Theory of Communication and Control
300 Social Science > 300 - 309 Sociology and Anthropology > 305 Social Groups
300 Social Science > 370 - 379 Education > 370 Education
Divisions: Perpustakaan > Laporan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:08
Last Modified: 07 Jun 2023 02:24
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item