Laporan Penelitian "Peran Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan"

Afitah, Ise and Mariaty, Mariaty and Haloho, Indra Eliman (2022) Laporan Penelitian "Peran Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN 2022 ISE AFITAH dkk.pdf

Download (449kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN 2022 ISE AFITAH dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kebakaran hutan bukan hanya menimbulkan bencana lingkungan dimana terjadi deforestasi dan degradasi hutan pasca kebakaran, namun juga seringkali menyebabkan bencana asap yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat sekitar. Permasalahan ini membutuhkan penanganan yang serius, aspek pencegahan yang dilaksanakan membutuhkan peran serta masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Desa Tumbang Nusa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dilakukan dengan cara mendeskripsikan secara menyeluruh data yang diperoleh selama proses penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, Peran serta masyarakat di Desa Tumbang Nusa dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan masih rendah. Hal ini dibuktikan dari keterlibatan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sangat minim. Masyarakat berpendapat bahwa tanggung jawab untuk menjaga hutan dan lahan adalah tugas dari kelompok MPA.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Peran, Kebakaran, Masyarakat
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 - 579 Biology > 577 Ecology > 577.3 Forest Ecology
600 Technology and Applied Sciences > 630 - 639 Agriculture and Related Technologies > 634 Orchard, Fruits > 634.9 Forestry > 634.96 Injuries of Forestry
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 23 Jul 2022 04:57
Last Modified: 05 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item