Laporan Penelitian "Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Antariksa Kabupaten Barito Selatan"

Adawiyah, Rabiatul and Fauzia, Husna and Sari, Royanti Fatma (2022) Laporan Penelitian "Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Antariksa Kabupaten Barito Selatan". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN 2022 RABIATUL ADAWIYAH dkk.pdf

Download (801kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN 2022 RABIATUL ADAWIYAH dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Standar pelayanan ini dibentuk karena dunia kefarmasian sebagai pelayanan kesehatan kepada masyarakat sudah sedemikian berkembang. Pelayanan farmasi yang diberikan apotek salah satunya adalah pelayanan mengenai informasi obat, khususnya obat dengan resep yang di tulis oleh dokter. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Penilaian terhadap kualitas pelayanan yang baik tidak terbatas pada kesembuhan penyakit secara fisik, tetapi juga terhadap sikap, pengetahuan dan ketrampilan petugas dalam memberikan pelayanan, komunikasi, informasi, sopan santun, tepat waktu, tanggap dan tersedianya sarana serta lingkungan fisik yang memadai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat baik dengan resep maupun tanpa resep dokter yang diberikan di apotek wilayah Kabupaten Barito Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan prospektif menunjukkan kuesioner, metode ini bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik suatu situasi, kondisi, kondisi objek bidang kajian pada suatu waktu secara akurat menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan persentase kepuasan pada Bukti Fisik (tangible) sebesar 82,3%, Kemampuan (Reliability) sebesar 81,9%, Jaminan (Assurance) sebesar 87,5%, Daya Tanggap (Responsiveness) sebesar 82%, Perhatian (Empathy) sebesar 81,6%, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Antariksa Kabupaten Barito Selatan baik dengan resep maupun tanpa resep dokter berdasarkan hasil rata-rata dari kelima dimensi tersebut yaitu 83% yang termasuk dalam katagori sangat puas.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Apotek, Tingkat Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 610 - 619 Medical and Medicine Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Sciences > 610 - 619 Medical and Medicine Science > 615 Pharmacology and Therapeutics > 615.4 Practical Pharmacy
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 29 Aug 2022 00:15
Last Modified: 02 Aug 2023 00:41
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item