Laporan Penelitian "Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dan Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2021/2022"

Khunaifi, A’am Rifaldi and Usop, Dwi Sari and Azizah, Astri Nur (2022) Laporan Penelitian "Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dan Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2021/2022". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN 2022 A’AM RIFALDI KHUNAIFI dkk.pdf

Download (761kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN 2022 A’AM RIFALDI KHUNAIFI dkk.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Lingkungan Sekolah Dan Karakter Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang di ambil dari kelas IV SD N 2 Pahandut Palangka Raya , sedangkan sampel dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel hanya menggunakan penelitian populasi. Instrumen penelitian dan pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji coba instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dengan menggunakan model pearson Correlation dan reliabilitas diuji dengan rumus Cronbach’s Alpha, masing-masing berbantuan dengan SPSS 25. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Korelasi product moment berbantuan dengan SPSS 25. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, hasil angket lingkungan sekolah di SD N 2 pahandut termasuk kedalam kategori sedang dan rendah yaitu 73% (22 orang peserta didik). Merujuk dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa lingkungan sekolah SD N 2 Pahandut ini termasuk dalam kategori lingkungan yang baik dengan nilai rata-rata sebesar 86 dan SD1 sebesar 5,3. Hasil angket karakter di SD N 2 Pahandut termasuk kategori tinggi dan sedang yaitu 77% (23 Orang peserta didik). Merujuk dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa karakter peserta didik SD N 2 Pahandut ini termasuk dalam kategori yang sangat baik, dengan nilai rata- rata sebesar 86,5 dan SD1 sebesar 6,2. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan sekolah dengan karakter peserta didik pada mata pelajaran PPKN kelas IV SD N 2 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 22021/2022, sesuai dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,619 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,383 atau 38,3% Ha diterima (Ho ditolak).

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, dan Karakter
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology > 155.9 Environmental Psychology
300 Social Science > 370 - 379 Education > 370 Education > 370.1 Philosophy and Theory of Education > 370.114 Ethical Education
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:12
Last Modified: 02 Aug 2023 01:00
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item