Laporan Penelitian "Persepsi Ulama Pada Fungsi Simbol Budaya Masyarakat Dayak Ngaju Kalimantan Tengah"

Ramdhani, Muhammad Tri and Lastaria, Lastaria (2022) Laporan Penelitian "Persepsi Ulama Pada Fungsi Simbol Budaya Masyarakat Dayak Ngaju Kalimantan Tengah". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN 2022 M. TRI RAMDHANI dkk.pdf

Download (305kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN 2022 M. TRI RAMDHANI dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Posisi agama dan posisi budaya pada suatu kehidupan karena masih banyak segelintir masyarakat yang mencampur adukkan ilmu agama (Islam) dengan nilai- nilai kebudayaan, padahal kedua hal tersebut tentu saja tidak dapat seratus persen disamakan, bahkan mungkin berlawanan. Akidah seseorang akan bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap budaya karena ajaran Islam pun juga mendorong manusia untuk berbudaya. Akan tetapi sebelum Islam datang, sudah ada kebudayaan yang telah berkembang sebelumnya dan tentunya kebudayaan tersebut ada yang mengandung kebaikan dan ada yang mengandung keburukan atau kebatilan. Sehingga melalui tulisan ini mampu memberikan wawasan bagi masyarakat agar segala sesuatu yang diciptakan manusia hendaknya dinilai pula dengan ilmu agama karena pada dasarnya akal manusia mampu untuk mengenali atau mengidentifikasi mana hal yang baik dan mana hal yang buruk. Simbol budaya masyarakat dayak ngaju sangat banyak untuk mendampingi kehidupan keseharian mereka dengan bend-benda keramat yang diyakini masyarakat tersebut untuk memberikan kebutuhannya.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion > 2X0 Islam Under 2X0 > 2X0 Islam Umum > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social Science > 300 - 309 Sociology and Anthropology > 306 Culture and Institutions > 306.4 Specific Aspect of Culture
300 Social Science > 390 - 399 Customs, Etiquette, Folklore > 392 Customs of Life Cycle and Domestic Life
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:32
Last Modified: 31 Aug 2023 00:44
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item