Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Pada SMP Negeri 6 Palangka Raya

Suyati, Endang Sri and Herlianah, Herlianah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Pada SMP Negeri 6 Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6 (1). pp. 44-50. ISSN 2685-8185

[img] Text
1. Dokumen NERACA v6s1 2020.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Peer Review NERACA v6s1 2020.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Plagiarism Checker NERACA v6s1 2020.pdf

Download (95kB)
Official URL: https://journal.umpr.ac.id/index.php/neraca/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, (2) meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada peserta didik kelas VII-2 di SMP Negeri 6 Palangkaraya. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII-2 SMP Negeri 6 Palangka Raya yang berjumlah 30 orang peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Concept Sentence. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peserta didik lebih aktif pada saat pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Siklus I, skor rata-rata 3,44 dengan kriteria baik kemudian pada siklus II meningkat dengan skor rata-rata 3,85 dengan kriteria baik, (2) ada peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Terlihat dari hasil belajar peserta didik pada tes awal memperoleh nilai rata-rata 47 (dibawah nilai KKM ≥70) dengan ketuntasan klasikal 3,33 % dengan kriteria tidak tercapai. . Pada Siklus I hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 33,33% dengan kriteria tidak tercapai. Pada Siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 81 dengan ketuntasan klasikal 90% dengan kriteria tercapai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Concept Sentence
Subjects: 000 Computer science, Information & General Works > 000 - 009 General and Computer Science > 001 General Knowledge
300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social Science > 370 - 379 Education > 373 Secondary Education > 373.236 Lower Level Secondary School
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:19
Last Modified: 31 Aug 2023 04:46
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item