Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Bagi Guru MAN 2 Pulang Pisau"

Khunaifi, A’am Rifaldi and Noor, Ady Ferdian and Supriyadi, Arif and Suratmoko, Bayu (2022) Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Bagi Guru MAN 2 Pulang Pisau". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS PENGMAS 2022 A’AM RIFALDI KHUNAIFI dkk.pdf

Download (501kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENGMAS 2022 A’AM RIFALDI KHUNAIFI dkk.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat dibuat oleh guru agar menarik minat siswa dalam belajar adalah WebBlog. Blog atau WebBlog merupakan tulisan pribadi seseorang di internet yang berisi informasi bersifat kronologis dan bisa di update. Kegiatan ini dilaksanakan di MAN 2 Pulang Pisau, Kabupaten Pulang Pisau yang berjarak 139 km dari kota Palangka Raya. Masalah utama yang dihadapi guru dalam memanfaatkan media dalam pembelajaran adalah teknologi informasi yang sudah banyak tersedia di sekolah-sekolah namun belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai media pendukung proses belajar mengajar. Oleh karenanya pelatihan pembuatan dan pengelolaan WebBlog merupakan langkah strategis yang harus dilakukan. Pelatihan ini diberikan kepada 20 orang guru yang materinya terdiri dari Konsep pemanfaatan weblog, Pengenalan blog, Praktik cara menggunakan blog, Praktik cara mengisi konten dalam blog dan Praktik cara me-manage tampilan blog agar lebih menarik. Hasil dari pelatihan ini menunjukan terjadi peningkatan kemampuan berdasarkan hasil pretest dnegan nilai 5,2 meningkat pada hasil postest dengan nilai 8,3.

Item Type: Other
Subjects: 000 Computer science, Information & General Works > 000 - 009 General and Computer Science > 005.5 General Purpose Application Programs
300 Social Science > 370 - 379 Education > 373 Secondary Education > 373.238 Upper Level Secondary School
Divisions: Perpustakaan > Laporan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:31
Last Modified: 18 Jan 2023 01:34
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item