Laporan Penelitian "Efektivitas Psychoeducational Intervention Model Untuk Meningkatkan Keterampilan Konseling Konselor Sekolah"

Syarif, Dina Fariza Tryani and Fatchurahman, M. and Karyanti, Karyanti (2022) Laporan Penelitian "Efektivitas Psychoeducational Intervention Model Untuk Meningkatkan Keterampilan Konseling Konselor Sekolah". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN 2022 DINA FARIZA TRYANI SYARIF dkk.pdf

Download (657kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN 2022 DINA FARIZA TRYANI SYARIF dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas psychoeducational intervention model untuk meningkatkan keterampilan konseling konselor sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis eksperimen yaitu rancangan Equivalent Time Series Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala keterampilan konseling. Subjek dalam penelitian ini 26 konselor sekolah SMP di kota Palangkaraya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis wilcoxtion, test pertama dan test kedua menghasilakan Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut sebesar 13, 96 setelah dilaksanakan intervensi, sedangkan jumlah rangking positif atau Sum of Rank adalah sebesar 349,00. Test kedua dan test ketiga menghasilkan Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut sebesar 13, 50 setelah dilaksanakan intervensi, sedangkan jumlah rangking positif atau Sum of Rank adalah sebesar 351,00. Test pertama dan test ketiga menghasilkan Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut sebesar 13, 50 setelah dilaksanakan intervensi, sedangkan jumlah rangking positif atau Sum of Rank adalah sebesar 351,00. Berdasarkan output Test Statistik diatas, diketahui Asymp.Sig. (2tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Psychoeducational Intervention Model dapat meningkatkan keterampilan konseling konselor sekolah.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: psychoeducational intervention model; Keterampilan konseling
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 150 Psychology > 150.7 Education of Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence > 153.9 Intelligence and Aptitudes
100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology > 155.2 Individual Psychology, Characters > 155.25 Character Development
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:02
Last Modified: 03 Feb 2023 01:02
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item