Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Komunikasi Asertif Dengan Teknik Psychoeducational Intervention Model Untuk Mencegah Cyberbullying Di SMK Negeri 3 Palangka Raya"

Karyanti, Karyanti and Syarif, Dina Fariza Tryani and Fatchurahman, M. (2022) Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Komunikasi Asertif Dengan Teknik Psychoeducational Intervention Model Untuk Mencegah Cyberbullying Di SMK Negeri 3 Palangka Raya". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS PENGMAS 2022 KARYANTI dkk.pdf

Download (530kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENGMAS 2022 KARYANTI dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelatihan yang diselenggarakan dalam Pengabdian Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ditujukan untuk pegawai di lingkungan UMPR. Implementasi pelatihan komunikasi asertif dengan teknik psychoeducational intervention model untuk mencegah cyberbullying di SMK Negeri 3 Palangka Raya, sebagai solusi permasalahan yang dihadapi peserta didik yang berada pada fase remaja yang cenderung terlibat cyberbullying baik sebagai pelaku atau korban. Cyberbullying merupakan tindakan menyakiti seseorang yang dilakukan melalui media sosial, SMS dan media elektronik lainnya. Perkembangan teknologi membuat remaja cenderung menghabiskan waktu di dunia maya. Fenomena cyberbullying di Indonesia semakin mengemuka, banyak kasus bullying melibatkan siswa di lingkungan sekolah. Kasus cyberbullying di lingkungan sekolah bukan hanya melibatkan siswa sebagai bullies dan victim. Insiden cyberbullying meningkat secara internasional dan dianggap sebagai masalah baik di dalam maupun di luar sekolah. Cyberbullying telah mendapat perhatian karena mempengaruhi banyak individu pada berbagai usia dalam lingkungan yang bervariasi, khususnya remaja. Tim akan melakukan penilaian terhadap hasil pelatihan komunikasi asertif dengan teknik psychoeducational intervention model dengan menggunakan instrument berupa skala. Untuk mengetahui keefektivan teknik psychoeducational intervention model dalam meningkatkan keterampilan komunikasi asertif dilakukan pre-test post-test. Peserta dalam pelatihan ini adalah peserta didik SMK Negeri 3 Palangka Raya. Peseta yang dilibatkan dalam pelatihan sebanyak 150 orang. Siswa dilatih untuk memiliki keterampilan komunikasi asertif, namun sebelum pelaksanaan tahapan pelatihan, 150 orang siswa diberikan pre test, selanjutnya siswa dilatih keterampilan komunikasi asertif dilaksanakan melalui 5 tahap, yaitu (1) instruction/teach, (2) modeling, (3) role playing, (4) feedback, dan (5) ownwork. Tahap pertama, instruction/teach menghadirkan pakar komunikasi yaitu ibu Dr. Aquarini, S.Sos, M.I.Kom. yang merupakan penyiar Pro 1 Radio Republik Indonesia (RRI) Palangka Raya. Materi selanjutnya adalah Cyberbullying yang disampaikan oleh Dina Fariza Tryani Syarif, M.Psi., Psikolog. Tahap kedua yaitu modeling. Pada tahap ini ibu Karyanti, M.Pd, yang merpakan seorang konselor memperagakan bagaimana menghadapi ituasi cyberbullying, seperti menerima komentar menyakitkan atau mendapat ancaman dari siswa lain. Tahap ketiga, siswa diminta memerankan sebagai pelaku cyberbullying dan seorang siswa sebagai korban cyberbullying. Tahap keempat feedback, yang dibimbing ibu Dina Fariza Tryani Syarif, M.Psi, pada tahap diberikan penegasan kembali bagaimana tindakan siswa ketika mengalami cyberbullying. Pada tahap kelima ownwork, siswa diberikan tugas bagaimana tindakan komunikasi ketika menghadapi situasi cyberbullying. Setelah tahapan pelatihan selesai, peserta didik diberikan post test untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang komunikasi asertif dalam menghadapi cyberbullying. Luaran wajib adalah laporan akhir kegiatan, video kegiatan, artikel di media massa. target yang ingin dicapai adalah artikel jurnal Nasional ber ISSN yang akan diterbitkan dalam Jurnal Bubungan Tinggi: Jurnal FKIP ULM.

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > 152.4 Emotions and Feeling
100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence > 153.4 Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment
100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence > 153.6 Communication Psychology
Divisions: Perpustakaan > Laporan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:02
Last Modified: 03 Feb 2023 01:02
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item