Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Pemulasaran Jenazah Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW di Pengajian Ranting Aisyiyah Kereng Bangkirai"

Kholisotin, Lilik and Fajeri, Ahmad Alghifari and Ni’mah, Nurun (2021) Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Pemulasaran Jenazah Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW di Pengajian Ranting Aisyiyah Kereng Bangkirai". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS PENGMAS 2021 LILIK KHOLISOTIN dkk.pdf

Download (291kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENGMAS 2021 LILIK KHOLISOTIN dkk.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemulasaran jenazah merupakan salah satu tuntunan syariat Islam yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Di masyarakat banyak yang melakukan pemulasaran jenazah hanya berdasarkan kebiasaan saja, atau dengan cara melihat para pendahulunya tanpa mengerti dalil dan petunjuk secara benar. Padahal sebagaimana yang diketahui, masalah penting yang terkait dengan hubungan manusia dengan manusia lainnya adalah masalah pemulasaran jenazah. Kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan ini antara lain identifikasi, pre test, pelaksanaan pelatihan, dan post test. Identifikasi dilakukan untuk mengetahui minat keikutsertaan masyarakat dalam pelatihan. Pretest juga perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal peserta tentang pemulasaran jenazah. Pelaksanaan pelatihan akan dilaksanakan dengan paparan materi dan praktek langsung terkait pemulasaran jenazah. Dan terakhir post test dilakukan untuk mengetahui keefektifan pelatihan ini dari hasil jawaban peserta. Adapun masyarakat yang akan dilatih dalam pemulasaran jenazah ini secara khusus adalah kelompok pengajian ‘Aisyiyah ranting kereng bengkirai di Kota Palangka Raya yang berjumlah 25 orang. Kegiatan pelatihan ini mendapat respon positif dari semua peserta pelatihan terlihat dari antusias peserta dalam praktek pemulasaran jenazah. Analisis lebih lanjut diperoleh dari peserta yang menyatakan bahwa hampir 80% peserta belum pernah melaksanakan pemulasaran jenazah sehingga pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat peserta pelatihan. Hasil posttest juga menunjukan bahwa peserta memiliki pemahaman yang baik dari segi materi maupun praktek pemulasaran jenazah terlihat dari respon peserta sebanyak 90,3%.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion > 297 Islam > 297.3 Islamic Worship > 297.38 Rites, Prayer
200 Religion > 297 Islam > 297.3 Islamic Worship > 297.38 Rites, Prayer > 297.385 Burial and Mourning Rites
Divisions: Perpustakaan > Laporan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:30
Last Modified: 12 Apr 2023 03:30
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item