Laporan Penelitian "Analisis Pemahaman Pegawai PTMA di Kalimantan Tengah Terhadap Keberadaan Ortom Muhammadiyah"

Kholisotin, Lilik and Kartini, Nurul Hikmah (2022) Laporan Penelitian "Analisis Pemahaman Pegawai PTMA di Kalimantan Tengah Terhadap Keberadaan Ortom Muhammadiyah". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN 2022 LILIK KHOLISOTIN dkk.pdf

Download (457kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN 2022 LILIK KHOLISOTIN dkk.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kaderisasi sangat penting dalam sebuah amal usaha, karena kader inilah yang nantinya akan menjadi pelangsung, pelopor dan penerus Muhammadiyah untuk kedepannya. Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah ialah organisasi atau badan yang dibentuk oleh Persyarikatan Muhammadiyah yang dengan bimbingan dan pengawasan, diberi hak dan kewajiban untuk mengatur rumah tangga sendiri, Kepengurusan ortom baik dtingkat wilayah, daerah, cabang atau ranting sebenarnya merupakan wadah yang tepat bagi pegawai PTMA ini untuk berperan aktif didalamnya. penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemahaman pegawai PTMA terhadap keberadaan Ortom di Kalimantan Tengah.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek Responden penelitian ini adalah pegawai PTMA yang bekerja di UMPR, STIKIP Muhammadiyah Sampit dan AKBID Sampit. Penggunaan random sampling digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan dari indikator pemahaman, sebagian besar responden sudah memahami keberadaan ortom meskipun belum sepenuhnya mengerti secara masif pergerakan ortom tersebut. Pegawai PTMA yang aktif bergabung di ortom Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah dan Hizbul Wathan. Rekomendasi penelitian ini adalah: a) Untuk Pimpinan PTMA, membuat kebijakan tertulis dalam bentuk edaran atau Surat Keputusan agar seluruh dosen dan tenaga kependidikan terlibat aktif diorganisasi otonom Muhammadiyah; b) Untuk Ketua Organisasi Otonom, agar masif mengajak civitas akademika untuk bergabung diorganisasi otonom Muhammadiyah.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: pemahaman pegawai, keberadaan ortom
Subjects: 200 Religion > 297 Islam > 297.6 Islamic History > 297.65 Organizations of Islam
600 Technology and Applied Sciences > 650 - 659 Management and Auxiliary Service > 658 General Management > 658.3 Personnel Management
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:33
Last Modified: 25 Jul 2023 06:38
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item