Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA

Nanda, Suci and Zannah, Fathul and Riadin, Agung (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13 (2). pp. 231-239. ISSN 2550-0716

[img] Text
1. Dokumen quantum v13s2 2022.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Peer Review quantum v13s2 2022.pdf

Download (127kB)
Official URL: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/a...

Abstract

Salah satu masalah pendidikan yang ada pada saat ini yaitu pada proses pembelajaran yang hanya menekankan peserta didik untuk menghafal berbagai informasi tanpa bisa mengaitkannya dengan kehidupan sehari – hari. Melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing, peserta didik dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik secara seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN 1 Panarung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest – posttest control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 1 Panarung dengan taraf signifikan < 0,05 atau 0,007 < 0,05.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model inkuiri; hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:33
Last Modified: 26 Jun 2023 01:33
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item