Laporan Penelitian "Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Eksekutif di SMP Islam Terpadu Palangka Raya"

Ramdhani, Muhammad Tri (2023) Laporan Penelitian "Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Eksekutif di SMP Islam Terpadu Palangka Raya". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN 2023 M. TRI RAMDHANI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN 2023 M. TRI RAMDHANI.pdf

Download (461kB)

Abstract

Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif melalui suatu usaha individu dan kelompok dalam merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkordinir serta mengevaluasi kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Malayu S. P. Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif, yang didukung oleh sumber-sumber lain dalam organisasi untuk mencapai tujuan tertentu.1 Adapun menurut Oei Liong Lee manajemen adalah ilmu merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan, serta mengevaluasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan menurut Donelly, Gibson dan Ivancevich manajemen adalah sebagai suatu proses dimana sebagai usaha individu dan kelompok dikoordinasikan untuk mencapai tujuan bersama.2 manajemen kelas adalah usaha sadar untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasikan, serta melaksanakan pengawasan atau supervisi terhadapa program dan kegiatan yang ada di kelas sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara sistematis, efektif, dan efisien, sehingga segala potensi peserta didik mampu dioptimalkan. Dengan Tujuan adalah titik dari sebuah kegiatan dan dari tujuan itu juga sebagai pangkal tolak pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Dalam proses manajemen kelas keberhasilannya dapat dilihat dari tujuan apa yang ingin dicapainya, oleh karena itu guru harus menetapkan tujuan apa yang hendak dicapai dengan kegiatan manajemen kelas yang dilakukannya. Manajemen kelas pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pembelajaran eksekutif haruslah memiliki tata kelola kelas yang lebih sederhana dan baik, dikarenakan pembelajaran eksekutif ini mengharuskan para pendidik menggunakan pola pembelajaran inovatif kreatif dan melek terhadap digitalisasi serta berpenampilan seperti layaknya pimpinan eksekutif yang berjas dan rapih.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Pembelajaran Eksekutif, SMP IT
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social Science > 370 - 379 Education > 373 Secondary Education > 373.236 Lower Level Secondary School
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 12 Aug 2023 01:21
Last Modified: 12 Aug 2023 01:21
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item