Laporan Penelitian "Strategi Komunikasi Kehumasan dalam Membangun Citra di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya"

Rosmilawati, Srie and Eurotama, Rumbaka Fachrizal (2023) Laporan Penelitian "Strategi Komunikasi Kehumasan dalam Membangun Citra di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN GENAP 2023 SRIE ROSMILAWATI dkk..pdf

Download (186kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN GENAP 2023 SRIE ROSMILAWATI dkk..pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi komunikasi itu, apa dan bagaimana seorang komunikan menyampaikan pesan kepada komunikator sesuai dengan perencanaan dan manajemen yang sudah diatur untuk mencapai tujuan. Penelitian yang berjudul “Strategi Komunikasi Kehumasan Dalam Membangun Citra di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya” berdasarkan pada lima indikator yakni mengenali khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, penggunaan media dan efek yang terjadi. kelima indikator tersebut yang dijadikan Humas UMPR untuk menentukan strategi komunikasi kehumasan dalam membangun citra. Penulis mengangkat tema ini karena terdapat anggapan dikhalayak bahwa UMPR hanya kampus yang dijadikan opsi terakhir untuk melanjutkan studinya, mengingat UMPR merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Provinsi Kalimantan tengah, kota Palangka Raya. Sehingga timbul pertanyaan, citra seperti apa yang terbangun dikhalayak khususnya bagi calon pendaftar yang akan melanjutkan studi. Artinya ada sebuah citra yang terbangun dikhalayak, jika UMPR hanya dianggap opsi terakhir, padahal dari pihak Humas UMPR selalu menjalankan Strategi Komunikasi Kehumasan yang di mana hal tersebut seharusnya berpengaruh terhadap jumlah pendaftarnya. Maka dari itu penulis ingin mengetahui apa saja strategi komunikasi kehumasan yang digunakan Humas UMPR dalam membangun citra. Penelitian yang berjudul “Strategi Komunikasi Kehumasan Dalam Membangun Citra di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya” ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena sedalam-dalamnya, yang pada hal ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi kehumasan yang digunakan Humas UMPR dalam membangun citra. Dari kelima indikator tersebut, didapati hasil bahwa hasil penelitian mengenai bagaimana Strategi Komunikasi Kehumasan Dalam Membangun Citra di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, menunjukan hasil bahwa Humas UMPR sudah terbilang cukup baik dalam merancang strategi yang diterapkan. Pemilihan metode dan media sudah sesuai dengan kebutuhan khalayak. Sosial media yang dijadikan Humas UMPR sebagai strategi komunikasi kehumasan dalam membangun citra yang paling efektif, memuat berbagai konten yang berguna untuk membangun citra. Namun dalam menjalankan strateginya, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar citra yang terbangun bisa maksimal. Mengingat terdapat misinterpretasi citra yang terbangun dikhalayak, Masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan agar strategi komunikasi kehumasan bisa lebih baik lagi dalam membangun citra. Lebih bisa merangkul seluruh lapisan dan membuang anggapan khalayak, bahwa UMPR hanya dijadikan kampus opsi terakhir ketika ingin melanjutkan studi. Melakukan pendekatan secara langsung, seperti mengadakan event, sosialisasi dan perbanyak perlombaan yang diadakan oleh UMPR, merupakan strategi yang harus lebih banyak di terapkan agar lebih luas menjangkau seluruh lapisan khalayak.

Item Type: Other
Subjects: 300 Social Science > 300 - 309 Sociology and Anthropology > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations > 302.2 Communication
600 Technology and Applied Sciences > 620 - 629 Engineering and Allied Operations > 621 Applied Physics > 621.382 Communication Engineering
600 Technology and Applied Sciences > 650 - 659 Management and Auxiliary Service > 659.2 Public Relations
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 20 Aug 2023 09:04
Last Modified: 20 Aug 2023 09:04
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics