Laporan Pengabdian Masyarakat "Sosialisasi Waspada Sexual Grooming Kepada Pengunjung Festival Ekonomi Syariah Kalimantan Tengah"

Karyanti, Karyanti and Syarif, Dina Fariza Tryani and Fatchurahman, M. (2023) Laporan Pengabdian Masyarakat "Sosialisasi Waspada Sexual Grooming Kepada Pengunjung Festival Ekonomi Syariah Kalimantan Tengah". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS PENGMAS GENAP 2023 Karyanti dkk.pdf

Download (190kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENGMAS GENAP 2023 Karyanti dkk.pdf

Download (180kB)

Abstract

Sosialisasi Waspada Sexual Grooming Kepada Pengunjung Festival Ekonomi Syariah Kalimantan Tengah. Kegiatan ini merupakan suatu langkah mencegah tindakan sexual grooming pada anak dan remaja. Grooming dapat dilakukan baik secara online maupun secara langsung, oleh orang asing atau seseorang yang dikenal. Hal ini melibatkan pelaku yang membangun hubungan dengan seorang anak, dan terkadang dengan keluarga besarnya, mendapatkan kepercayaan mereka dan posisi berkuasa atas anak tersebut, sebagai persiapan untuk pelecehan. Proses dandan dapat berlangsung dalam hitungan menit, dalam satu percakapan, atau dalam jangka waktu yang lama, dalam beberapa kasus, bertahun-tahun. Sexual Grooming mengacu pada perawatan di mana pelaku bertujuan untuk melakukan pelecehan seksual terhadap anak. Tujuan dari Sexual Grooming adalah untuk melecehkan atau mengeksploitasi dalam dua cara: a) Pelecehan seksual online. Anak-anak dan remaja ditipu atau dipaksa melakukan aktivitas seksual melalui chat, video, atau foto; dan b) Pertemuan fisik. Membujuk anak-anak dan remaja untuk bertemu langsung dengan mereka untuk melakukan pelecehan terhadap mereka. Grooming juga digunakan oleh pelaku dengan tujuan untuk melakukan bentuk pelecehan lainnya, seperti eksploitasi kriminal atau perdagangan anak. Dalam semua kasus dandanan, hal tersebut bukanlah kesalahan anak atau remaja. Luaran wajib pada PKM ini adalah laporan akhir kegiatan.

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology > 155.3 Sex Psychology and Psychology of The Sexes
300 Social Science > 300 - 309 Sociology and Anthropology > 303 Social Process > 303.3 Coordination and Control
600 Technology and Applied Sciences > 640 - 649 Home Economic and Family Living > 649.6 Child Training
Divisions: Perpustakaan > Laporan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:01
Last Modified: 28 Aug 2023 03:01
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item