Laporan Penelitian "Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Parviz Kota Palangka Raya"

Handayani, Rezqi and Fauzia, Husna (2023) Laporan Penelitian "Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Parviz Kota Palangka Raya". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN GENAP 2023 REZQI HANDAYANI dkk.pdf

Download (274kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENELITIAN GENAP 2023 REZQI HANDAYANI dkk.pdf

Download (953kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Indikator untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan adalah pengukuran kepuasan pengguna jasa kesehatan. Apotek Parviz memberikan pelayanan kefarmasian bagi masyarakat sekitar apotek untuk lebih mudah mendapatkan dua pelayanan kesehatan sekaligus yaitu diagnosa dokter dan pelayanan kefarmasian sehingga dapat meningkatkan mutu dan kesehatan masyarakat Kota Palangka Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Parviz Kota Palangka Raya berdasarkan lima dimensi yaitu bukti fisik (tangible), kemampuan (reliability), daya tanggap (responsive), jaminan (assurance), dan perhatian (emphaty). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 86 orang yang diambil menggunakan metode accidental sampling. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh persentase pada dimensi bukti fisik (tangible) sebesar 87,43%, dimensi kemampuan (reliability) sebesar 81,16%, dimensi daya tanggap (responsive) sebesar 83,25%, dimensi jaminan (assurance) sebesar 84,49%, dan dimensi perhatian (emphaty) sebesar 83,25%. Dapat disimpulkan rata-rata pada lima dimensi kualitas menurut skala likert adalah 84,18% yang menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Parviz Kota Palangka Raya termasuk dalam kategori sangat puas.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Apotek Parviz, Pelayanan Kefarmasian, Tingkat Kepuasan.
Subjects: 300 Social Science > 360 - 369 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services > 362.12 Health Centers
600 Technology and Applied Sciences > 610 - 619 Medical and Medicine Science > 615 Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:45
Last Modified: 30 Aug 2023 01:45
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics