Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual

Dian Riyan Mike Triana, 19.23.021887 and Dr. Rita Rahmaniati, M.Pd, 1007058301 and Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd, 1121048401 (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8 (2). pp. 47-52. ISSN 2685-8177

[img] Text
1. Dokumen BITNET v85s2 2023.pdf

Download (180kB)
Official URL: https://journal.umpr.ac.id/index.php/bitnet/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual pada peserta didik kelas VA di SDN 4 Menteng. (2)Mendeskripsikan aktivitas pendidik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual pada peserta didik kelas VA di SDN 4 Menteng. (3) Meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VA di SDN 4 Menteng dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas VA pada SDN 4 Menteng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual pada kelas VA di SDN 4 Menteng dengan kriteria baik. Hal ini dapat dilihat semakin aktif peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada siklus I aktivitas belajar peserta didik memperoleh skor rata-rata 4,1 dan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik memperoleh skor rata-rata 4,7. (2) Aktivitas pendidik pada saat pembelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual pada kelas VA di SDN 4 Menteng dengan kriteria baik. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan terarah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual.
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School
500 Natural Science and Mathematics > 500 - 509 Miscellany of Nature Sciences > 500 Natural Science
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:04
Last Modified: 02 Apr 2024 05:03
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics