Identifikasi Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik saat Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi WhatsApp Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 7 Menteng

Diana Putri, - and Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd, 1121048401 and Dedy Setyawan, M.Pd, 1118118801 (2022) Identifikasi Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik saat Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi WhatsApp Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 7 Menteng. Anterior Jurnal, 22 (1). pp. 1-6. ISSN 2355-3529

[img] Text
1. Dokumen ANTERIOR v22s1 2022.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/arti...

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeskrifsikan faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik saat pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsapp terhadap mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek yang diteliti 3 peserta didik, guru kelas V dan triangulasi data kepala sekolah SDN-7 Menteng, operator sekolah (TU) dan orang tua peserta didik. Hasil kesimpulan penelitian menunjukan bahwa : (1) peserta didik kurang berminat mengikuti pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA. (2) Peserta didik tidak menyukai mata pelajaran IPA pada saat daring. (3) guru hanya menggunakan aplikasi whatsapp untuk melaksanakan pembelajaran daring. (4) guru hanya memberitahukan dan mengirimkan materi yang akan dipelajari tanpa dijelaskan terlebih dahulu. (5) guru selalu memberikan tugas kepada peserta didik sehingga membuat peserta didik tidak menyukai pembelajaran daring. (6) kurang termotivasi nya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Aplikasi Whatsapp, IPA
Subjects: 000 Computer science, Information & General Works > 000 - 009 General and Computer Science > 006.7 Multimedia Systems > 006.754 Online Social Network
300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:14
Last Modified: 02 Apr 2024 05:10
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics