Analisis Kesulitan Peserta Didik Pada Materi Perkalian Pada Kelas IV SDN Beringin Tunggal Jaya

Novi Suarti, - and Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd, 1121048401 and Arif Supriyadi, M.Pd, 1105108801 (2022) Analisis Kesulitan Peserta Didik Pada Materi Perkalian Pada Kelas IV SDN Beringin Tunggal Jaya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17 (2). pp. 1-7. ISSN 2355-3537

[img] Text
1. Dokumen PEDAGOGIK v17s2 2022.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/art...

Abstract

Masalah yang ditemukan pada peserta didik adalah saat pembelajaran berlangsung peserta kesulitan untuk memahami penjelasan guru, nilai matematika peserta didik yang rendah, peserta didik pasif saat pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui kesulitan belajar apa saja yang dialami peserta didik pada materi perkalian. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada materi perkalian kelas IV SDN Beringin Tunggal Jaya Kecamatan Parenggean. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti pada penelitian ini adalah 3 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dan analisis data dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kesulitan belajar pada materi perkalian ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni: (1) kelemahan dalam berhitung, (2) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, (3) pemahaman bahasa yang kurang, dan (4) kesulitan dalam persepsi visual. Diharapkan dengan adanya penelitian ini hendaknya guru dapat mengajarkan dan menanamkan konsep perkalian agar peserta didik tidak keliru saat mengerjakannya. Guru juga dapat menambahkan alat peraga dan media saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar pada materi perkalian
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Education > 370 Education > 370.1 Philosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:17
Last Modified: 02 Apr 2024 03:45
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics