Kualitas Pelayanan Dalam Pengurusan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Pada Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pajak daerah (UPT-PPD) Kota Palangka Raya

Gampang, 17.11.018941 and Muhaimin Noor, M.A.P, 1120108405 (2020) Kualitas Pelayanan Dalam Pengurusan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Pada Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pajak daerah (UPT-PPD) Kota Palangka Raya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (647kB)

Abstract

Pada hakekatnya tugas pokok Pemerintah sebagai Organisasi Publik adalah pemberi Pelayanan kepada masyarakat. Demikian pula dengan kantor unit pelaksana teknis pemungutan pajak daerah kota Palangka Raya, sebagai salah satu yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik. SAMSAT bertugas melayani masyarakat dalam hal pengurusan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Sektor pajak merupakan sektor yang penting dalam pembangunan nasional, karena sebagian besar pembangunan dibiayai dari sektor pajak yang termasuk di dalamnya sektor PKB dan BBNKB. Pajak dari sektor PKB dan BBNKB terus mengalami peningkatan yang salah satunya disebabkan karena semakin banyaknya jumlah wajib pajak yang membayar pajak. Kantor unit pelaksana teknis pemungutan pajak daerah kota Palangka Raya berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada wajib pajak, untuk meningkatkan pendapatan daerah guna menunjang pembangunan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dimana SAMSAT Kota Palangka Raya dipilih sebagai lokasi penelitian. Teknik Pengumpulan Data menggunakan: Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penenelitian yang dilakukan, jika dilihat dari kehandalan pegawai dalam memberikan pelayanan, maka pegawai dikatakan cukup handal tetapi jika dilihat dari daya tangkap pegawai dalam menanggapi keluhan wajib pajak dapat dikatakan masih belum memuaskan. Prosedur pelayanan yang ditetapkan SAMSAT dalam hal perpanjangan STNK lebih mudah dipahami tetapi prosedur pelayanan PKB baru dan BBNKB cukup banyak menyita waktu karena jarak antara SAMSAT dan POLDA Kalimantan Tengah lumayan jauh dengan jarak kurang lebih 7 km. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas Pelayanan di kantor unit pelaksana teknis pemungutan pajak daerah kota Palangka Raya belum memuaskan wajib pajak, untuk itu masih perlu dilakukan usaha-saha baru dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada wajib pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhaimin Noor, M.A.P, 1120108405-
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650 - 659 Management and Auxiliary Service > 651 Office Services > 651.3 Office Management
900 Geography and History > 920 - 929 Biography and Genealogy > 929.9 Forms of Identifications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 07 May 2024 01:31
Last Modified: 07 May 2024 01:31
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics