Metode Pembelajaran Berdasarkan Konsep Stifin dalam Buku I Know You School Karya Miss Hiday

Anisa, - and Lestaria Rastina, - and Hunainah, - Metode Pembelajaran Berdasarkan Konsep Stifin dalam Buku I Know You School Karya Miss Hiday. https://journal.umpr.ac.id/index.php/jhm/article/view/7846, https://journal.umpr.ac.id/index.php/jhm/article/view/7846.

[img] Text
1. Artikel Jurnal Anisa dkk.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB) | Request a copy
Official URL: https://journal.umpr.ac.id/index.php/jhm/article/v...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya konsep STIFIn (Sensing, Thinking, Feeling, Intuiting, Feeling, Insting)yang merupakan sebuah konsep untuk mengidentifikasi kecerdasan manusia berdasarkan sistem operasi otak dominan dan dapat diketahui dengan memindai sidik jari.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran berdasarkan konsep STIFIn dalam buku I Know You School Karya Miss Hiday. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran berdasarkan konsep STIFIn dalam buku I Know You School Karya Miss Hiday.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis dengan metode studi pustaka untuk menganalisisdata daninformasi dariberbagai macam sumber literatur seperti buku-buku, majalah, dokumen karya ilmiah, dan lain-lain. Teknik pengambilan data menggunakan teknik analisis isi pada buku teks I Know You School Karya Miss Hiday.Hasil Penelitian ini,menunjukan adanya metode pembelajaran berdasarkan STIFIn yang terkandung dalam buku I Know You School Karya Miss Hiday meliputi (1) Sensing yaitu merekam, mencatat, mengulang, membuktikan, menuliskembali, mewarnaigambar, dan mudah mencontoh; (2) Thinkingyaitu menilai, menganalisis, menyederhanakan, mengelola informasi, mensistematiskan data, dan menggunakan sebuah organizer grafik. (3) Intuiting yaitu ciptakan produk, buatlah eksperimen, ciptakan pertanyaan, beri ruang eksplorasi, konstruksikan imajinasi, perluas jangkauan persepsi, simulasi atau lakukan lakon pendek dan lucu; (4) Feeling yaitu katakan informasi itu kepada diri sendiri atau katakan dengan lantang, diskusikan dengan kelompok atau teman, ajari orang lain dengan penjelasan, komunikasi interaktif, lakukan wawancara, dengarkan rekaman, rekam tanggapan, dan berdebat; (5) Insting yaitu tunjukkan, gambarkan, beri ketenangan, gunakan post it-notes, fasilitasi keseimbangan, buatlah label atau kategorisasi, libatkan dalam aktivitas tolong menolong, gunakan huruf-huruf kertas pasir, dan kertas yang bisa diraba.

Item Type: Other
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Education > 370 Education
300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.01 Public Schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam/Tarbiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan UMPR
Date Deposited: 17 Feb 2025 06:20
Last Modified: 17 Feb 2025 06:20
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics