Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Coping Stress Untuk Mengurangi Job Insecurity Pada Guru Tk Aisyiyah Bustanul Atfhal Palangkaraya"

Nurbudiyani, Iin and Sonedi, Sonedi and Adawiyah, Rabiatul (2021) Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Coping Stress Untuk Mengurangi Job Insecurity Pada Guru Tk Aisyiyah Bustanul Atfhal Palangkaraya". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS PENGMAS 2021 Iin Nurbudiyani dkk.pdf

Download (899kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENGMAS 2021 Iin Nurbudiyani dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesejahteraan psikologis seseorang dalam dunia kerja merupakan suatu topik yang penting dalam membentuk perilaku seseorang ataupun suatu keadaan di lingkungan kerja. Interpertasi pengalaman yang positif akan menimbulkan kepuasan dalam diri karyawan sebagai pondasi optimalisasi fungsi kesejahteraan psikologis. Salah satu evaluasi karyawan adalah tingkat ketidakamanan kerja (job insecurity) pada pekerjaan yang tengah digeluti. Job insecurity merupakan kondisi psikologis seorang pegawai yang merasa terancam atau khawatir akan kelangsungan pekerjaannya dimasa yang akan datang. Organisasi merupakan sarana yang dibentuk bersama-sama oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Dalam pelaksanaannya sebuah organisaasi harus memiliki sumber daya yang memadai, dan salah satunya adalah sumber daya manusia dan salah satu organisasi yang sangat penting pada saat ini adalah lingkungan sekolah. Dengan adanya sumber daya manusia yang memadai, diharapkan dapat membantu kelancaran dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk itu deskripsi pekerjaan harus jelas sehingga tidak ada penumpukan atau pembebanan pekerjaan pada pegawai yang seharusnya tidak mengerjakan tugas-tugas tersebut. Jika seorang pegawai merasa terbebani dalam melakukan pekerjaannya, akan menimbulkan masalah baik bagi individu maupun organisasi itu sendiri. Munculnya stres merupakan tanda penurunan tingkat kesejahteraan psikologis yang akan berdampak pada Kesehatan dan memicu masalah psikologis seperti kecemasan dan depresi, job insecurity juga berpengaruh terhadap kepuasan hidup terutama kepuasan kerja. Job insecurity berakibat pada rendahnya kepuasan kerja pegawai. Tim akan melakukan penilaian dengan sebelumnya melaksanakan pelatihan tahapan Coping Stress. Tahapan Pelatihan Coping Stress Untuk Mengurangi Job Insecurity Pada guru TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Palangkaraya. Luaran wajib yang ingin dicapai berupa laporan akhir kegiatan dan video kegiatan. Dan akan dipublikasikan pada artikel jurnal Nasional ber ISSN yang diterbitkan dalam jurnal Pengebadian Kepada Masyarakat “AbdiNus”, dari Universitas Nusantara PGRI Kediri terindeks sinta 4, dan untuk luaran tambahan yang akan dihasilkan adalah adalah Hak Cipta Buku Panduan Pelatihan Coping Stress.

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 - 159 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology > 155.9 Environmental Psychology
300 Social Science > 370 - 379 Education > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School > 372.21 Pre School
Divisions: Perpustakaan > Laporan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 28 Jan 2022 00:18
Last Modified: 05 Jun 2023 02:48
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item