Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Video Interaktif Sebagai Media Ajar Menggunakan Program Canva Bagi Guru SDIT Al-Qonita Palangkaraya"

Pionera, Mutiarani and Elhawwa, Tazkiyatunnafs and Kartini, Nurul Hikmah (2021) Laporan Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Video Interaktif Sebagai Media Ajar Menggunakan Program Canva Bagi Guru SDIT Al-Qonita Palangkaraya". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS PENGMAS 2021 Mutiarani Pionera dkk.pdf

Download (647kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENGMAS 2021 Mutiarani Pionera dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengingat pemberlakuan pembelajaran online bagi anak – anak tingkat sekolah dasar selama pandemic Covid-19, para guru dituntut untuk. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih dan mendampingi para guru dalam membuat video interaktif sebagai media presentasi penyampai bahan ajar yang dilengkapi konten audio visual. Media yang dipergunakan tersebut berupa program Canva, yang diakses para peserta secara online (berbasis digital). Untuk mengetahui ketercapaian kegiatan ini, pengumpulan data dilakukan melalui dua bentuk instrumen berupa lembar peer assessment guru dan kepuasan peserta pelatihan. Adanya peer assement ditujukan untuk mengetahui antusiasme para guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan serta potensinya dalam mengembangkan bahan ajar berbasis digital yang dinilai dari perspektif rekan sejawat. Disamping itu, instrumen kepuasan peserta pelatihan diperlukan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan secara menyeluruh baik dari teknis persiapan maupun kompetensi diri dari tim pelaksana (pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa seluruh guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini menurut penilaian rekan sejawatnya, dan sebanyak 79% peserta merasa sangat puas terhadap pelatihan yang telah diberikan. Setiap indikator yang mencerminkan 4 bentuk kompetensi tim pelaksana meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial dinilai berhasil untuk mencapai tujuan dari pelatihan ini, yaitu agar para guru dapat memanfaatkan media presentasi yang dilengkapi konten audio visual untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa – siswanya.

Item Type: Other
Subjects: 000 Computer science, Information & General Works > 000 - 009 General and Computer Science > 005.5 General Purpose Application Programs
000 Computer science, Information & General Works > 000 - 009 General and Computer Science > 006.7 Multimedia Systems
300 Social Science > 370 - 379 Education > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Perpustakaan > Laporan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 02 Feb 2022 05:31
Last Modified: 05 Jun 2023 03:00
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item