Efektivitas Kinerja Pegawai Lapangan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Dalam Kebersihan Jalan Ahmad Yani Kota Palangka Raya

Ridwan, Ahmad (2020) Efektivitas Kinerja Pegawai Lapangan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Dalam Kebersihan Jalan Ahmad Yani Kota Palangka Raya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu tolak ukur kualitas hidup masyarakat. Masyarakat yang telah mementingkan kebersihan lingkungan dipandang sebagai masyarakat yang kualitas hidupnya lebih tinggi dibandingkan masyarakat yang belum mementingkan kebersihan. Salah satu aspek yang dapat dijadikan indikator kebersihan lingkungan adalah sampah. Namun pada kenyataannya Efektivitas Kinerja Pegawai Lapangan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan dalam Kebersihan Jalan Ahmad Yani Kota Palangka Raya masih terbilang kurang baik. Sehingga tujuan peneltian ini yaitu untuk mengetahui kenyataannya Efektivitas Kinerja Pegawai Lapangan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan dalam Kebersihan Jalan Ahmad Yani Kota Palangka Raya. Teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah Efektivitas (Kinerja pegawai lapangan kebersihan jalan ahmad Yani). Di dalam pengukuran efektifitas terdapat 3 indikator yang digunakan menurut Krech, Ricard S. Cruthfied dan Egerton L. Ballachey dalam bukunya “Individual and Society” yang dikutip Sudarwan Danim dalam bukunya “Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok” menyebutkan ukuran efektivitas yaitu 1) perbandingan (ratio), 2) masukan (input), 3) keluaran (output). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena peneliti ingin memahami apa yang sedang terjadi dalam kondisi yang sebenarnya dalam terjadinya suatu masalah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Pengelolaan Kebersihan Jalan Dan Ruang Terbuka Publik. Berdasarkan hasil penelitian, Efektivitas Kinerja Pegawai Lapangan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan dalam Kebersihan Jalan Ahmad Yani Kota Palangka Raya dikategorikan kurang baik. Seksi Pengelolaan Kebersihan Jalan Dan Ruang Terbuka Publik telah melaksanakan kegiatan hendaknya harus diperhatikan terkait kinerja petugas di lapangan, seperti keadaan jalur yang berada dimedian jalan, bahu jalan maupun jalan. Petugas yang tidak mengikuti aturan atau instruksi dari kantor seperti tidak menyapu karena tidak bekerja, kurang bersih dalam menyapu dan mengangkut, hasil dari sapuan tidak dimasukan kedalam karung agar hasil sapuan terlihat bersih dan rapi serta tidak berterbangan tertiup angin hasil sapuan daun dan sampah lainnya, pasir yang menumpuk sehingga bisa membahayakan pengguna jalan yang melintasi jalan, serta petugas yang lambat bekerja dari jam yang di tentukan dan adanya sampah liar dimedian jalan, bahu jalan dan jalan seperti para pengguna jalan yang membuang sampah sembarangan, baik itu plastik, kertas dan juga rokok serta masyarakat disekitar yang membuang sampah dari jualan mereka yang tidak dibersihkan dan tidak dibuang. Untuk itu, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan bagi pegawai lapangan dinas perumahan rakyat, kawasan pemukiman dan pertanahan kota palangka raya agar lebih memperhatikan kinerja para petugas kebersihan yang tidak sesuai arahan/instruksi dan juga aturan standar pekerjaan yang telah ditetapkan oleh kantor dan juga harus ada perubahan dalam diri petugas untuk bekerja sesuai dengan tujuan kualitas kebersihan, dengan membersihkan, serta menjaga dan merawat kebersihan jalan yang sudah kelola dengan rutin. Lebih mendengarkan keluhan-keluhan dari petugas kebersihan yang sering menjadi hambatan dalam pekerjaan dan sarana prasarana dalam meningkatkan kebersihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMilka, Milkamilkaniez22@gmail.com
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kinerja, Kebersihan Jalan Raya
Subjects: 300 Social Science > 350 - 359 Public Administration and Military Science > 352.6 Personnel Human Resource Administration > 352.63 Government Workers
600 Technology and Applied Sciences > 650 - 659 Management and Auxiliary Service > 658 General Management > 658.3 Personnel Management > 658.306 Job Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:18
Last Modified: 15 Aug 2023 00:28
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics