Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Puskesmas Rantau Pulut I Seruyan Tengah

Tiara, Agnes (2023) Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Puskesmas Rantau Pulut I Seruyan Tengah. Diploma (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (898kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan farmasi adalah salah satu pelayanan kesehatan minimal yang wajib disediakan oleh puskesmas. Pelayanan farmasi di puskesmas merupakan salah satu kegiatan di Puskesmas yang menunjang pelayanan kesehatan yang berkualiats. Salah satu parameter untuk meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan kafarmasian khususnya di loket obat maupun apotek adalah waktu tunggu pelayanan resep obat. Waktu tunggu pelayanan resep obat dihitung dari resep yang diserahkan ke loket obat sampai pasien mendapatkan obat berserta pemberian Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan resep pada Puskesmas Rantau Pulut I Seruyan Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan penelitian ini adalah obsevasi/pengamatan langsung dengan menggunakan lembar evaluasi waktu tunggu. Jumlah sampel sebanyak 72 resep yang terdiri dari 65 resep non racikan dan 7 resep racikan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep dengan standar yang berlaku di Puskesmas Rantau Pulut I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan resep non racikan selama 3,13 menit dan resep racikan selama 7,28 menit. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelayanan resep telah memenuhi SOP: ketepatan waktu tunggu pelayanan obat di Puskesmas Rantau Pulut I dengan waktu tunggu pelayanan resep non racikan 10 menit dan resep racikan 15 menit.

Item Type: Thesis (Diploma (D3))
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdhany, Syahrida Dianchass501@gmail.com
Thesis advisorAdawiyah, Rabiatulabi.ubiet@gmail.com
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu, pelayanan resep, puskesmas
Subjects: 300 Social Science > 360 - 369 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services > 362.1 Services of Physical Illness > 362.1068 Medical Service Management
600 Technology and Applied Sciences > 650 - 659 Management and Auxiliary Service > 658 General Management > 658.3 Personnel Management > 658.306 Job Analysis
Divisions: 08. Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:23
Last Modified: 06 Oct 2023 03:45
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item