Analisis Geometrik Ruas Jalan Palangka Raya - Bukit Rawi

Syawal, Asharianor (2021) Analisis Geometrik Ruas Jalan Palangka Raya - Bukit Rawi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ruas jalan Palangka Raya – Bukit Rawi merupakan salah satu jalan antar kabupaten dengan lalu lintas yang cukup padat. Selain itu ruas jalan tersebut memiliki geometrik jalan yang cukup beresiko pada pengguna jalan. Pada beberapa waktu yang lalu pernah terjadinya kecelakaan pada ruas jalan tersebut. Faktanya pada tanggal 22/11/2019 pernah terjadi kecelakaan antara pengendara mobil dan sepeda motor pada ruas jalan Trans Kalimantan Bukit Rawi, penyebap terjadinya kecelakaan karena di tikungan tiba-tiba pengendara sepeda motor melebar ke sebelah kanan dan menabrak si pengendara mobil tersebut, kejadian ini mengakibatkan pengendara mobil luka ringan dan pengendara sepeda motor mengalami luka berat dan meninggal dunia (KaltengEkspres.com). Dari kondisi yang ada maka perlu dilakukan analisis evaluasi terhadap geometrik jalan, geometrik yang di tinjau meliputi kondisi alinyemen horizontal dan vertikal pada titik yang di anggap rawan kecelakaan. Penelitian yang dilakukan terhadap alinyemen horizontal dan vertikal meliputi standar kelayakan berdasarkan peraturan Perencanaan Bina Marga. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan data lapangan/survey topografi serta pengolahan data dengan microsoft Excel dan software Autocad, selanjutnya di ubah kedalam bentuk gambar yang terdiri dari profil memanjang dan melintang, serta nilai parameter penyusun alinyemen horizontal dan vertikal. Dari hasil penelitian diketahui ruas jalan yang memiliki kondisi cukup rawan yaitu pada Km 14+000 sampai 18+000, pada ruas jalan tersebut memiliki 2 tikungan (PI-1 dan PI-2) yang cukup rawan. Kondisi geometrik eksisting adalah tipe jalan kolektor, 2 lajur 2 arah terbagi (III A, III B) dengan kecepatan rencana VR 60 km/jam dan tipe lengkungan Spiral-spiral. Hasil evaluasi yang diperoleh yaitu lebar tikungan pada PI-1 dan PI-2 memenuhi standar perencanaan dengan lebar tikungan ideal 6 m. Untuk lengkung horizontal pada PI-1 dan PI-2 memenuhi standar perencanaan dengan Rmin 110 m, Lsmin 50 m dan emax 10 %. Pada panjang lengkung hasil eksisting dan hasil analisis memenuhi standar perencanaan, karena menyesuaikan hasil dari panjang lengkung peralihan (Ls). Untuk tikungan PI-2 perlu adanya usulan pemasangan pagar pengaman jalan seperti tikungan PI-1.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPuspasari, Nirwananirwana.puspasari@yahoo.com
Thesis advisorRespati, Ridarida.respati2016@gmail.com
Uncontrolled Keywords: alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, geometrik jalan raya, Palangka Raya – Bukit Rawi, tikungan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 620 - 629 Engineering and Allied Operations > 620 Engineering > 620.004 Measurement
600 Technology and Applied Sciences > 620 - 629 Engineering and Allied Operations > 625.7 Road Engineering
Divisions: 03. Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:59
Last Modified: 08 Nov 2023 23:52
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item