Kualitas Pelayanan Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang dalam Penanganan Orang Lanjut Usia di Kota Palangka Raya

Fernando, Ferry (2020) Kualitas Pelayanan Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang dalam Penanganan Orang Lanjut Usia di Kota Palangka Raya. Masters (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Dalam Penanganan Orang Lanjut Usia Di Kota Palangkaraya dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan Kualitas Pelayanan Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Dalam Penanganan Orang Lanjut Usia Di Kota Palangkaraya. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Peneliti ingin mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Dalam Penanganan Orang Lanjut Usia Di Kota Palangkaraya dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam Kualitas Pelayanan Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Dalam Penanganan Orang Lanjut Usia Di Kota Palangkaraya. Sumber data terdiri dari sumber data primer yakni hasil wawancara dengan Kepala UPT PTSW Sinta Rangkang, Kepala Subbag TU, Kasi Rehabilitasi Sosial, dan Lanjut Usia (8 orang) sebagai informan penelitian dan subyek penelitian adalah Pekerja Sosial (4 orang), sedangkan sumber data skunder berupa dokumen resmi dari Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Kota Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat sarana dan prasarana yang memadai seperti wisma, toilet, klinik, mushala, dan fasilitas pendukung lain. (2) penyelenggaraan pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan menggunakan metode ceramah dan praktik, dengan kegiatan berupa program eksistensi diri, program sosialisasi, program komunikasi sosial dan program aktualisasi diri. (3) keandalan, ketanggapan, jaminan, dan perhatian yang diberikan para pengelila panti sangat membantu dan menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi para lanjut usia penghuni panti. (4) Faktor yang mendukung kegiatan adalah adanya kerjasama dari berbagai instansi, adanya dana dan sarana prasarana yang memadai, dan adanya kegiatan keagamaan, sedangkan faktor penghambatnya adalah perilaku lanjut usia yang susah diatur, daya ingat yang menurun, dan kurangnya hubungan keluarga dengan lanjut usia. Untuk itu disarankan: (1) Kepala UPT Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang terus meningkatkan kerjasama dengan instansi lain guna meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia, khususnya untuk tenaga psikolog, penyuluh sosial dan rohaniawan, dan (2) perlu keterlibatan aktif dari pihak keluarga lansia guna memberikan rasa aman dan tenang secara psikologis dari lansia.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaksminarti, Laksminartilaksminarti@gmail.com
Thesis advisorR. Toun, Nicodemusnicodemus.toun@gmail.com
Additional Information: Tesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kesejahteraan, Panti, Sosial
Subjects: 300 Social Science > 350 - 359 Public Administration and Military Science > 351 Public Administration > 352.14 Local Administration, Provinces
300 Social Science > 360 - 369 Social Problems and Services > 361.1 Social Problems
600 Technology and Applied Sciences > 650 - 659 Management and Auxiliary Service > 651 Office Services
Divisions: 01. Pascasarjana > S2 Magister Administrasi Publik
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:47
Last Modified: 23 May 2023 07:46
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item