Laporan Pengabdian Masyarakat "Pengenalan Kosa Kata Dalam Bahasa Arab dan Pembelajaran Ibadah dengan Menggunakan “Arabic Puzzle Dan Ular Tangga” di Desa Danau Tundai"

Muhammad Tri Ramdhani, M.Pd.I., 1122048803 and Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd, 1121048401 and Leda Al Muqsith, S.Sos., M.Si, 1125027001 (2022) Laporan Pengabdian Masyarakat "Pengenalan Kosa Kata Dalam Bahasa Arab dan Pembelajaran Ibadah dengan Menggunakan “Arabic Puzzle Dan Ular Tangga” di Desa Danau Tundai". Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS PENGMAS GANJIL 2022 M. Tri Ramdhani dkk..pdf

Download (238kB)
[img] Text
2. LAPORAN PENGMAS GANJIL 2022 M. Tri Ramdhani dkk..pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar baik lingkungan pendidikan formal maupun non-formal. Sedangkan, pembelajaran mengacu pada upaya membelajarkan siswa. Sehingga dapat dipahami bahwa pembelajaran merupakan upaya pendidik terhadap peserta didik dalam interaksi belajar supaya siswa dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien. Tulisan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak yang notabennya bisa membaca dalam kata pembelajaran Bahasa Arab dengan sentuhan yang menarik untuk dilakukan, sehingga dengan adanya ini diharapkan mendapatkan sebuah pengalaman baru untuk menumbuhkan ketertarikan mereka dalam sebuah pembelajaran. Sikap penerimaan terhadap diri anak dan mengetahui potensi yang dimiliki adalah dasar untuk meningkatkan kemampuan lain, karena seseorang anak masih dapat berkembang secara optimal. Tulisan ini menawarkan empat aspek dalam memberi solusi untuk meningkatkan kemampuan terhadap kognitif anak dengan teori self esteem: Kekuatan, Keberartian, Kebajikan, dan kemampuan. Konsep dasar yang ditawarkan adalah agar penanganan dan upaya perlindungan dan pemberdayaan pada anak agar dapat memberi hasil yang lebih baik, dibutuhkan kesediaan semua pihak, terutama para pendidik untuk duduk bersama, berdiskusi mencari jalan terbaik merumuskan program intervensi yang tepat sasaran dan sekaligus melakukan pembagian kerja yang lebih terkoordinasi. Argumen dasar yang dikembangkan adalah anak dapat mengembangkan dirinya jika untuk mengenalkan self esteem yang ada pada diri anak.

Item Type: Other
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
400 Language > 490 - 499 Other Languages > 492.7 Arabic
Divisions: Perpustakaan > Laporan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:30
Last Modified: 02 Apr 2024 03:54
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics