Putra, Chandra Anugrah and Setiawan, M. Andi (2019) Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3 (1). pp. 1-6. ISSN 2549-0125
Text
1. Dokumen JBPD 2019.pdf Download (351kB) |
|
Text
2. Peer Review JBPD 2019.pdf Download (531kB) |
Abstract
Model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar IPS dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan model Circuit Learning berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV SDN-4 Menteng Palangka Raya yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat melalui rata-rata kelas pada posttest yaitu sebesar 80 dan presentase ketuntasan peserta didik secara klasikal yaitu 100%, dari ketetapan yang sudah ditentukan yaitu untuk KKM sebesar 65 dan kriteria ketuntasan secara klasikal 85% dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS setelah menerapkan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media Microsoft Power Point. Implikasi pada penelitian ini adalah dengan penggunaan multimedia yang dilengkapi dengan audio visual dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Circuit Learning, Model, Multimedia, PowerPoint |
Subjects: | 000 Computer science, Information & General Works > 000 - 009 General and Computer Science > 005.5 General Purpose Application Programs 300 Social Science > 370 - 379 Education > 370 Education 300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School |
Divisions: | Perpustakaan > Journals |
Depositing User: | Publikasi Library UMPR |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 03:46 |
Last Modified: | 19 May 2023 02:07 |
URI: | http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/39 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year