Wahyu Mahardika, Citra (2020) Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palangka Raya. Masters (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (722kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (636kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (698kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (656kB) |
Abstract
Penyelenggaraan pelayanan publik berupa perizinan masih belum optimal dan belum memperlihatkan pelayanan prima yang diharapkan pada DPMPTSP. seperti kecepatan dan ketepatan waktu tunggu, keramahan petugas, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kenyamanan dan efektivitas pelayanan terpadu DPMPTSP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan pelayanan terpadu pada DPMPTSP di Kota Palangka Raya. Teori yang digunakan sebagai tinjauan pustaka dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono, yaitu 1. Ketepatan waktu pelayanan, waktu tunggu dan waktu proses, 2. Akurasi pelayanan, yang meliputi bebas dari kesalahan, 3. Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, dan 4. Kemudahan mendapatkan pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : 1) observasi, 2) wawancara (interview), 3) dokumentasi dan 4) studi kepustakaan. Dengan Teknik pengambilan sampel penelitian mengggunakan teknik snowball dan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas penyelenggaraan pelayanan DPMPTSP di Kota Palangka Raya, cukup efektif walaupun tidak dapat berjalan dengan maksimal dikarenakan beberapa kekurangan dari segi ketepatan waktu pelayanan dimana tidak ada kepastian yang jelas berkaitan dengan penyelesaian waktu pelayanan, dan akurasi pelayanan yang belum berjalan secara efektif mengingat sering terjadi kesalahan dalam penulisan data identitas pemohon, Akan tetapi hal tersebut diselesaikan dalam waktu 3 hari kerja. Tidak tersedianya kotak saran di ruang pelayanan yang dijadikan DPMPTSP Kota Palangka Raya sebagai bahan atau dasar penilaian kinerja pegawai juga dianggap perlu sebagai bentuk kepedulian DPMPTSP Kota Palangka Raya untuk meningkatkan sistem pelayanannya. Untuk itu disarankan agar 1) Dalam kepengurusan perizinan dapat ditangani oleh petugas secara langsung, perlu disediakannya mobil loket pelayanan yang memungkinkan masyarakat mendaftarkan perizinan, 2) perlu adanya fasilitas pengeras suara untuk pemanggilan nama pada berkas permohonan perizinan, 3) Adanya pelatihan tentang pelayanan dan etika petugas loket mengenai kesopanan dan keramahan yang dilakukan secara rutin dan adanya penghargaan (reward) bagi petugas yang dianggap memiliki prestasi di bidang kesopanan dan keramahan serta ketersediaan kotak dan saran yang dibuat untuk keluhan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tesis | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 350 - 359 Public Administration and Military Science > 351 Public Administration > 352.14 Local Administration, Provinces 600 Technology and Applied Sciences > 650 - 659 Management and Auxiliary Service > 651 Office Services |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Magister Administrasi Publik | |||||||||
Depositing User: | Publikasi Library UMPR | |||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2021 04:56 | |||||||||
Last Modified: | 23 May 2023 03:22 | |||||||||
URI: | http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/54 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year