Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Depo Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit dr. Doris Sylvanus Periode April - Juni 2024

Jesica Amanda, - and Dewi Sari Mulia, 1123098702 and Halida Suryadini, 0701048903 (2024) Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Depo Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit dr. Doris Sylvanus Periode April - Juni 2024. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (Unpublished)

[img] Text
1. SURAT TUGAS LAPORAN PENELITIAN GENAP 2024 DEWI SARI MULIA, dkk.pdf

Download (667kB)
[img] Text (Laporan Penelitian)
2. LAPORAN PENELITIAN GENAP 2024 DEWI SARI MULIA, dkk.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan penilaian dari seseorang antara kinerja pelayanan yang dirasakan dan diharapkan. Kualitas pelayanan kefarmasian di rumah sakit mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh tenaga kefarmasian dalam pelayanan obat kepada pasien. Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan pelayanan kesehatan yang mampu memberikan kepuasan kepada pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Depo Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit dr. Doris Sylvanus dengan berdasarkan IKM Penyelenggara Pelayanan Publik, meliputi Metode Survei, Pelaksanaan dan Teknik Survei, Langkah-Langkah Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat, Langkah-Langkah Pengolahan Data, Pemantauan, Evaluasi dan Mekanisme Pelaporan Hasil Penilaian Indeks Survei Kepuasan Masyarakat, Analisa Hasil Survei dan Rencana Tindak Lanjut. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling dengan jumlah responden 98 orang dengan cara mewawancarai menggunakan kuisioner yang berisi berupa 9 pertanyaan yang sudah divalidasi. Kepuasan pelayanan kefarmasian diukur dengan mengunakan skala likert. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan didapatkan nilai IKM (Indeks Kepuasaan Masyarakat) 78,26 maka dikategorikan B (Baik) pelayanan kefarmasian di Depo Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit dr. Doris Sylvanus Palangka Raya Kalimantan Tengah.

Item Type: Other
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650 - 659 Management and Auxiliary Service > 658 General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi
Depositing User: Dewi Sari M.
Date Deposited: 11 Nov 2024 08:08
Last Modified: 11 Nov 2024 08:08
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics