Nirwana Puspasari, 1102057301 and Reza Zulfikar Akbar, 1118109401 and Muhammad Gemilang Pria Utama, 199709232025211004 B (2025) Model Korelasi Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas (Studi Kasus Jalan RTA. Milono Kota Palangka Raya). Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Media Ilmiah Teknik Sipil. (Unpublished)
![]() |
Text
1. Laporan Penelitian Nirwana DKk.pdf Download (571kB) |
Abstract
Kondisi lalu lintas di ruas jalan selalu bervariasi dan tidak pernah sama.Variasi ini tidak saja terlihat dari jumlah volume lalu lintas, tetapi juga dapat dilihat dari variasi kecepatan dan kepadatan lalu lintas di ruas jalan. Semakin banyak volume lalu lintas yang melalui suatu ruas jalan, maka semakin berkurang kecepatan kendaraan dan semakin padat juga ruas jalan tersebut. Untuk mengetahui hubungan variabel-variabel tersebut maka penulis mencoba untuk menganalisis model korelasi volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas. Penelitian ini dilakukan di jalan RTA.Milono selama 2 hari, yaitu senin dan selasa. Data volume lalu lintas dan waktu tempuh rata-rata kendaraan diambil pada jam puncak pagi,siang dan sore masing-masing selama 2 jam, yaitu jam 06.00-08.00 pagi, jam 11.00-13.00 siang dan jam 16.00-18.00. Jumlah sampel waktu tempuh kendaraan diambil sebanyak 98 buah untuk masing-masing arah A dan B berdasarkan rumus Slovin. Analisis data menggunakan metode Greenshield, atau regresi linier, yaitu model yang terdiri dari 2 variabel x dan y, dimana kecepatan lalu lintas sebagai variabel y dan kepadatan jalan sebagai variabel x, uji korelasi antara kedua variable tersebut menggunakan R^2. Model korelasi kecepatan kendaraan dengan kepadatan dari hasil analisis data diperoleh 6 buah model, dengan R^2tertinggi diberikan oleh model Y=58,72-0,67.X dengan R^2=0,94 menunjukan bahwa 94% dari data kepadatan lalu lintas terhubung secara linier dengan kecepatan kendaraan. Model hubungan volume lalu lintas dengan kepadatan adalah Q=58,72D-0,67D^2 dan model hubungan volume lalu lintas dengan kecepatan adalah Q=87,67V_s-1,493〖V_s〗^2. Ketiga model tersebut menunjukan bahwa seiring bertambahnya kepadatan lalu lintas sebesar 1 kendaraan/km diruas jalan B akan memberikan dampak menurunnya kecepatan sebesar 0,67 km/jam, dan seiring bertambahnya kepadatan sebesar D kendaraan/km diruas jalan B akan memberikan dampak berkurangnya volume lalu lintas sebesar 0,67D^2 SMP/jam serta menunjukan seiring bertambahnya kecepatan sebesar V_s(km/jam) diruas jalan B akan memberikan dampak berkurangnya volume lalu lintas sebesar 1,493〖V_s〗^2 (SMP/jam). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin bertambah volume lalu lintas di ruas jalan, akan menyebabkan semakin menurunnya kecepatan dan meningkatnya kepadatan kendaraan di jalan, yang menyebabkan tingkat pelayanan jalan tersebut juga semakin rendah.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 620 - 629 Engineering and Allied Operations > 620 Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Nirwana Puspasari |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:47 |
URI: | http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year