Pengelolaan Destinasi Wisata di Objek Wisata Alam Bukit Tangkiling Kecamatan Bukit Batu

Natali, Debtrian (2021) Pengelolaan Destinasi Wisata di Objek Wisata Alam Bukit Tangkiling Kecamatan Bukit Batu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu potensi yang sampai saat ini terus dikembangkan di Kota Palangkaraya. Dalam upaya mengelola destinasi wisata alam Bukit Tangkiling dihadapkan beberapa masalahan yaitu, Sarana prasarana yang mulai rusak, seperti wc yang kurang terawa dan pondok-pondok yang rusak, lampu penerangan yang rusak, banyak terjadinya pengrusakan oleh para wisatawan yang menandakan kurangnya pengawsan dari pengelola dan juga kunjungan Wisatawan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendriskripsikan pengelolaan yang dilakukan di destinasi wisata alam Bukit Tangkiling. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Peneliti ingin mendeskripsikan pengelolaan destinasi wisata alam Bukit Tangkiling dengan menggunakan teori prinsip dasar pengelolaan pariwisata oleh Cox dalam I Gde Pitana dan I Ktut Surya Diarta dengan aspek yang diamati adalah 1) Preservasi, proteksi, dan peningkatan kualitas sumber daya 2) Pengembangan atraksi wisata tambahan 3) Pelayanan kepada wisatawan 4) Dukungan dan legitimasi. Sumber data terdiri dari data primer yakni hasil observasi dan wawancara dengan pihak informan, dan data sekunder diperoleh dari data olahan atau data telah dipublikasikan secara resmi yang didapat dari berita, media, dokumentasi, dan arsip. Hasil penelitian menunjukan Pengelolaan Destinasi Wisata Alam Bukit Tangkiling di nilai kurang optimal dilihat dari masih banyak sampah yang berserakan disekitar daya tarik wisata, sarana dan prasarana penunjang bagi wisatawan yang rusak dan tidak diperbaiki dan kurangnya kerja sama antara lembaga pengelola bentukan masyarakat dengan pemerintah. Dari hasil penelitian tersebut menandakan bahwa kurang baiknya pengelolaan yang mengakibatkan tidak berkembangnya destinasi wisata ini, karena masih banyak permasalahan-permasalahan yang mesti diatasi. Saran peneliti agar dalam pengelolaannya lembaga pengelola lebih bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangkaraya dan tidak bertindak sendiri agar destinasi wisata ini dapat berkembang dan berdambak lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLisnawati, Lisnawatilisnaeyldo@gmail.com
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Destinasi wisata
Subjects: 300 Social Science > 350 - 359 Public Administration and Military Science > 353 Specific Field of Public Administration > 353.7 Administration of Culture and Related Activities
900 Geography and History > 910 - 919 Geography and Travel > 910 Geography and Travel > 910.2 Miscellany of Travel
Divisions: 02. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 07 Dec 2022 00:18
Last Modified: 18 Aug 2023 06:44
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item