Strategi Peningkatan Pengaduan Masyarakat di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah

Khalidza Evita Dzia, 17.11.018162 and Dr. H. Muhamad Yusuf, S.Sos., M.AP, 1111126802 (2020) Strategi Peningkatan Pengaduan Masyarakat di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Peningkatan Pengaduan Masyarakat di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Analisis strategi dalam penelitian ini menggunakan tolak ukur strategi dari Richard P. Rumelt untuk melihat baik atau tidaknya suatu strategi yaitu consistency, consonance, advantage dan feasibility. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa strategi yang dilakukan untuk meningkatkan pengaduan masyarakat yaitu melalui Sosialisasi, PVL On The Spot dan juga Posko Pengawasan Kebijakan dan Layanan Pemerintah bagi Masyarakat yang terdampak Bencana Nasional Covid-19. Program tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai haknya dan menanamkan kesadaran akan pentingnya melapor ke lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Berdasarkan hasil pelaksanaan selama tahun 2020 ada beberapa faktor penghambat yaitu Covid-19, anggaran, dan juga tingkat partisipasi masyarakat yang masih belum tinggi. Setelah program tersebut dianalisis menggunakan tolak ukur strategi menunjukkan bahwa Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah telah memenuhi 3 dari 4 indikator yang menentukan baik atau tidaknya suatu strategi yaitu memenuhi aspek consistency, consonance dan feasibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Muhamad Yusuf, S.Sos., M.AP, 1111126802yusuf.quratayun@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengaduan Masyarakat, Ombudsman, Pelayanan Publik
Subjects: 300 Social Science > 350 - 359 Public Administration and Military Science > 351 Public Administration
300 Social Science > 360 - 369 Social Problems and Services > 361.1 Social Problems
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:28
Last Modified: 30 Apr 2024 04:46
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics