Kurniawatie, Susi (2021) Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalitas di SDN Pulang Pisau 5 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau. Masters (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (533kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (685kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa implementasi kebijakan sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalias di SDN Pulang Pisau 5 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau serta mengetahui faktor penghambat implementasi kebijakannya. Teori yang digunakan sebagai kajian teori dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan Edward III yang terdapat 4 (empat) faktor agar implementasi kebijakan berjalan efektif yaitu (1) Komunikasi (2) Sumberdaya (3) Disposisi (4) Struktur Organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalitas di SDN Pulang Pisau 5 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau belum berjalan secara optimal, dari segi, komunikasi yaitu perlunya sosialisasi yang lakukan oleh Dinas Pendidikan maupun oleh Kepala Sekolah untuk meminimalisir ketidakjelasan tujuan utama dari kebijakan sertifikasi guru dan konsistensi kebijakan, serta peningkatan sarana dan prasarana di SDN Pulang Pisau 5 juga kurang memadai karena fasilitas laptop sekolah di gunakan oleh kepala sekolah dan staf adminstrasi, LCD dan proyektor rusak, dan tidak ada wifi di Sekolah. Fasilitas pendukung pendidikan sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah, serta keterlambatan dalam pembayaran tunjangan, dan masih ditemukan adanya guru yang telah sertifikasi tetapi belum mampu menguasai teknologi Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Perlu adanya sosialisasi yang optimal oleh Dinas Pendidikan maupun oleh Kepala Sekolah untuk meminimalisir ketidakjelasan tujuan utama dari kebijakan sertifikasi guru, (2) Perlu adanya peningkatan sumber daya manusia, finansial dan sarana prasarana pendukung, dalam menyelenggarakan suatu bentuk pelayanan yang baik, (3) Perlunya Sikap, komitmen dan respon positif dari pelaksana dalam melaksanakan suatu kebijakan atau program yang akan dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Sertifikasi Guru, Profesionalitas | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Magister Administrasi Publik | |||||||||
Depositing User: | Publikasi Library UMPR | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2022 02:07 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:13 | |||||||||
URI: | http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/216 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year