Identifikasi Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pecahan Matematika Peserta Didik Kelas IV SDIT Tiara Az-zahra

Fitri, Endah Noor (2021) Identifikasi Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pecahan Matematika Peserta Didik Kelas IV SDIT Tiara Az-zahra. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dan jenis-jenis kesulitan yang dialami peserta didik khusus materi operasi hitung pecahan dikelas IV SDIT Tiara Az-Zahra. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dilihat dari faktor internal dan eksternal serta faktor kesulitan matematka. faktor internal baik dari kondisi kesehatan peserta didik saat mengikuti pembelajaran dan kurang konsentrasinya dalam belajar, daya tangkap (pemahaman) yang kurang, kurang aktifnya peserta didik saat pembelajaran berlangsung, cara peserta didik mengontrol emosi/ amarah ketika menghadapi kesulitan saaat belajar dan kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran matematika. Faktor eksternal dari orang tua peserta didik yang sering membantu mengerjakan tugas sekolah saat belajar di rumah, faktor penyampaian materi dari guru, faktor kesulitan matematika yang belum bisa diatasi oleh peserta didik seperti tidak dapat membedakan antara pembilang dan penyebut serta tidak dapat menyamakan penyebut pada materi oprasi hitung pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhunaifi, Aam Rifaldiaamrifaldi@gmail.com
Thesis advisorUsop, Dwi Saridsusop1st@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, matematika, pecahan
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social Science > 370 - 379 Education > 372 Elementary Education > 372.2 Elementary School
500 Natural Science and Mathematics > 510 - 519 Mathematics > 512 Algebra > 512.9 Foundations of Algebra
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Publikasi Library UMPR
Date Deposited: 04 Dec 2023 01:19
Last Modified: 04 Dec 2023 01:19
URI: http://repository.umpr.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics